Serial Port (USB) hanya bisa dipakai 1 aplikasi saja

Ketika kami men-develope aplikasi desktop melalui Visual Studio .Net yang memanfaatkan USB untuk komunikasi serial, kami mendapatkan masalah, yaitu kami gagal membuka Port USB yang kami inginkan.

Padahal codingnya tidak ada yang salah, sudah dicek perkali – kali, selalu gagal ketika melakukan koneksi ke Port USB yang diinginkan. Port USB juga sudah terdeteksi di device manager.

Setelah mencari petunjuk ke sana ke mari, akhirnya kami mendapatkan “sedikit” petunjuk. Ya, hanya sedikit petunjuk saja, karena hanya berupa penjelasan singkat, jika dipersingkat, petunjuknya akan berbunyi seperti ini, “port anda sedang dipakai aplikasi lain”.

Setelah kami telusuri, ternyata benar. Port USB memang sedang dipakai aplikasi lain. “Yah…. ternyata begitu”, gumam kami. Awalnya, kami berpikir, bahwa Port Serial (USB) ini bisa share beberapa aplikasi, bisa dipakai bersamaan pada waktu yang sama.

Padahal aplikasi lain ini juga kami butuhkan untuk monitoring respon yang diberikan terhadap input yang diberikan aplikasi yang sedang kami develope ini. Satu aplikasi untuk mengirim data, satu aplikasi lagi untuk menerima data. Jadi bingung sekali, dua – duanya memang kami butuhkan.

Setelah berpikir cukup panjang, akhirnya kami putuskan untuk hanya menggunakan Serial Port (USB) ini hanya untuk mengirim data. Sementara untuk menerima dan menampilkan data, kami menggunakan device lain, yaitu LCD 1602+I2C.

Aplikasi jalan dengan baik dengan menggunakan solusi seperti ini. Permasalahan ini memberikan pelajaran baru untuk kami, bahwa ternyata USB Serial Port, dan semua jenis serial port lain, hanya bisa dipakai oleh satu aplikasi saja di waktu yang sama, tidak bisa sharing atau berbagi dengan device lain.

Serial Port (USB) hanya bisa dipakai 1 aplikasi saja
Bagikan kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas