Dulu, kami selalu melihat dan merujuk data dari Alexa untuk melihat website atau domain mana yang paling poluler dan paling sering dikunjungi oleh netizen Indonesia. Tetapi sejak alexa ditutup, kami jadi melupakan statistik ini.
Tetapi hari ini terakhir ini kami teringat kembali dan mencari data yang mirip atau serupa yang menyajikan statistik kunjungan netizen Indonesia. Pada akhirnya kami menemukan data yang disajikan oleh Semrush, sebuah perusahaan jasa SEO terkemuka.
Seperti apa data kunjungan netizen Indonesia bulan ini? Kemana saja netizen Indonesia berkunjung dan berselancar di Internet? Berikut sedikit ulasannya, sekali lagi, ulasan ini berdasarkan data Semrush pada saat tulisan ini dibuat.
Seperti diduga, Google menjadi teratas yang dituju oleh netizen Indonesia. Tidak mengherankan, apalagi sejumlah browser menjadikan Google sebagai mesin pencari default, seperti Chrome, Firefox dan sejumlah browser lain yang berbasis Chromium. Di tambah lagi di smartphone yang ada menu khusus untuk berselancar melalui Google. Nampaknya Google masih belum punya pesaing yang bisa menandingi jumlah kunjungan ke situsnya.
Di peringkat selanjutnya, di dominasi oleh media sosial, Youtube, Fcebook, Whatsapp, Instagram, tiktok dan lain – lain. Popularitas media sosial memang didukung oleh netizen yang aktif sekali di media sosial, mereka suka berbagi aktifitas dan percakapan melalui media sosial. Sambil rebahan, mereka sudah bisa berinteraksi dengan teman – temannya melalui layar smartphone.
Yang menarik, situs berita juga menjadi jujugan netizen Indonesia. Nampaknya mereka juga butuh berita – berita untuk mengakses informasi terkini. detik.com, kompas.com, tribunnews.com, liputan6.com adalah situs – situs yang tercatat oleh Semrush sebagai situs paling banyak dikunjungi. Termasuk juga situs bolasport.com sebagai situs berita khusus olah raga. Wikipedia menyeruduk ke atas meskipun bukan termasuk kategori situs berita.
Berikutnya adalah situs – situs e-commerce layaknya shopee dan tokopedia. 2 situs ini saja yang nampaknya paling populer di kalangan netizen Indonesia. Sementara situ – situs e-commerce lain nampaknya tidak menarik perhatian netizen. Memang, dalam kenyataannya 2 situe e-commerce ini yang paling bersaing untuk menjadi nomor satu di Indonesia.
Berikutnya, ada satu website anime, anoboy.bayi yang menyeruak sebagai satu – satunya situs anime yang paling banyak dikunjungi netizen Indonesia. GenZ mungkin jadi penyumbang terbesar kunjungan ke situs ini. Penggemar anime di Indonesia tidak bisa dianggap sedikit, terbukti dari statistik Semrush ini yang menjadi buktinya.
Situs chatgpt.com juga jadi rujukan oleh netizen Indonesia selanjutnya. Nampaknya banyak juga yang memanfaatkan chatgpt untuk membantu aktifitas, situs ini juga perlahan naik popularitasnya di kalangan netizen Indonesia. situs – situs web yang menawarkan AI sebenarnya sudah banyak bermunculan, tetapi popularitasnya masih jauh dari chatgpt.
Situs diblokir
Dari semuanya, kami sangat tertarik dengan 2 situs yang nyata – nyata diblokir di Indonesia, komikcast.lol dan xnxx.com. Kami belum tahu, bagaimana Semrush bisa mendeteksi hal tersebut adalah kunjungan dari netizen Indonesia, jika netizen Indonesia mengakses langsung situs – situs tersebut, dipastikan akan gagal karena diblokir. Tetapi jika netizen Indonesia mengakses melalui VPN, bukankah terdeteksi kunjungan tersebut dari negara lain? Semrush mungkin mempunyai mekanisme tersendiri untuk mendeteksi kunjungan netizen indonesia ke situs – situs yang terblokir tersebut.
Itulah sedikit ulasan tentang kunjungan netizen Indonesia ketika berselancar di dunia maya, data ini bisa jadi selalu dinamis, selalu berubah sepanjang waktu tergantung trend yang berkembang.
Satu tanggapan pada “Penasaran sekali, Website mana yang paling banyak dikunjungi netizen Indonesia?”