Membaca Data Performa dari Search Console dan Apa yang Harus Dilakukan

performa di search console google

Search console (milik Google) adalah tool SEO yang mendekati sempurna untuk melihat situs kita di mata Search Engine Google. Di Microsoft, ada Bing Web Master untuk melihat situs kita di Search Engine Bing.
Kita akan fokus dengan data performa di Search console. Performa ini adalah salah satu halaman dari search console-nya Google. Performa ini menujukkan seberapa banyak website kita tampil di search engine Google.

Setelah tahu data ini, apa yang harus dilakukan? Ini yang akan kita bahas dalam artikel ini.
Sesuai dengan gambar di atas, gambar di atas di beri nomor – nomor (dalam lingkaran) sesuai urutan yang perlu kita perhatikan dan kita lakukan.

  • 1. Jumlah Tayangan

Jumlah tayangan menunjukkan situs kita tampil berapa kali di google sesuai kata kunci pencarian yang diketikkan oleh pengguna google, hanya tampil saja, belum sampai diklik.
Yang harus ditingkatkan pertama kali adalah jumlah tayangan ini, bagaimana agar jumlah tayangan semakin banyak sepanjang waktu. Dengan semakin banyak tampilan tayangan artinya situs kita “nyantol” dengan kata kunci yang dicari pengguna.

  • 2. Total Klik

Berikutnya adalah situs kita harus lebih spesifik dan lebih sesuai dengan kebutuhan pengguna google. Kalau konten kita lebih cocok dengan apa yag dicari, maka pengguna pasti akan nge-klik situs kita untuk mencari tahu lebih banyak.

Semakin banyak total klik artinya situs kita dianggap semakin penting oleh pengguna google, hal ini juga akan berpengaruh ke RKT (Rasio Klik Tayang), perbandingan antara klik dan banyaknya tayangan. Secara normal, RKT ini berkisar antara 2-10%, jika di bawah 2% artinya situs kita belum baik secara nilai. Masih “belum dianggap” oleh pengguna Google.

  • 3. Posisi rata-rata

Setelah banyak yang klik, pelan – pelan posisi situs kita akan naik. Popularitas situs kita akan naik di mata search engine google. Dibuktikan dengan angka ini.

Ditambah lagi dengan faktor eksternal, dengan banyaknya backlink yang mengarah ke situs kita, maka posisi rata – rata akan terbantu naik, mungkin tidak akan drastis, pelan tapi meyakinkan.

  • 4. Grafik peningkatan

Peningkatan jumlah tayangan, total klik dan posisi rata – rata, dapat dilihat di grafik ini. Grafiknya bisa naik turun dari hari ke hari, tetapi pastikan trennya tarus naik dengan usaha yang sudah dilakukan mulai langkah pertama sampai ketiga di atas.

Membuat konten yang bagus, share di sosial media dan mendapatkan backlink situs – situs lain akan meningkatkan nilai di grafik ini. Biasanyanya, peningkatan di bagian satu, akan juga meningkatkan nilai di bagian lain. Jumlah tayangan naik, biasanya akan meningkatkan jumlah klik, dan seterusnya.

Membaca Data Performa dari Search Console dan Apa yang Harus Dilakukan
Bagikan kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas