Pertumbuhan konten kreator bak jamur di musim hujan, semakin banyak yang semakin serius untuk menjadikan konten kreator sebagai sarana mendapatkan cuan, biasa disebut sebagai konten kreator profesional.
Salah satu bidang yang paling banyak jadi pilihan adalah bidang kuliner, kuliner ini terbagi lagi dalam banyak spesialisasi, antara lain:
Bahan baku
Membahas bahan baku pembuatan makanan, mulai dari penanaman dan petaninya sampai jalur distribusi bahan baku ini sampai ke konsumen. Sekaligus belanja kebutuhan makanan yang akan dimasak. Bahkan jika perlu, sang konten kreator akan blusukan ke tempat – tempat di mana bahan baku tersebut memang banyak di tempat tersebut.
Di bagian akhir adalah masak bahan yang sudah dibelanjakan tadi. Format ini bahkan banyak diadopsi oleh TV untuk ditayangkan di jalur telestrial karena banyak penggemarnya.
Memasak
Konten memasak ini banyak dijalankan oleh chef – chef yang sudah ahli di bidangnya. Mereka lebih banyak berkutat di dapur yang di desain estetik dan menarik.
Chef ini akan menjelaskan secara runtut proses memasak, termasuk juga komposisi bahan yang dipakai sehingga bisa ditiru oleh pemirsanya. Dulu konten seperti ini juga banyak di televisi, bahkan dimulai oleh televisi, hanya saja sekarang sudah menghilang.
Konten memasak ini sering kali butuh banyak editing agar sesuai dengan harapan, karena sering kali hasil masakan tidak sebagus yang ditayangkan, sehingga harus diulang.
Jual Makanan
Membuat konten jualan makanan, termasuk minuman, sangat menguntungkan. Bisa dapat 2 hal dengan sekali membuat konten. Pertama, dagangan jadi laku karena terus dipromosikan di media sosial. Bahkan ada yang seharian penuh live di tiktok, instagram, facebook atau youtube sambil jualan.
Kedua, bisa mendapatkan bayaran dari konten yang dibuat. Jika menarik, konten ini bisa mendapatkan saweran yang lumayan, belum lagi kalau ada iklan yang lewat, pasti pendapatannya lebih banyak.
Review Makanan
Nah, review makanan ini adalah yang paling banyak dijalani oleh konten kreator kuliner. Kenapa? Ya karena paling mudah, cukup beli makanan atau minuman, rasakan, lalu sampaikan ke pemirsa.
Bahkan untuk mendapatkan konten – konten unik, banyak vlogger yang menjelajah sampai ke pelosok – pelosok untuk berburu konten menarik.
Review Tempat Makanan
Jika uraian di atas adalah tentang makanan, kalau yang ini adalah tempat makannya yang dibahas para vlogger. Meskipun juga makanannya ikut dibahas, tetapi lebih banyak membahas tentang lokasi dan suasana disekitarnya.
Vlogger seperti ini biasanya juga membahas tentang wisata dan tempat – tempat unik lainnya.
Jelajah kaki lima
Satu lagi, jelajah kaki lima. Vlogger ini keliling untuk beli jajanan kaki lima, sambil tanya-tanya pengalaman penjualnya dalam berdagang kaki lima. Sering perjalanan waktu, seringkali vlogger ini juga memborong jajanan di kaki lima tersebut, tidak jarang juga memberi kejutan berupa hadiah atau uang kepada pedagang kaki lima yang beruntung.
Anda termasuk konten kreator? Juga membahas kuliner? Termasuk di bidang apa? Kalau dilihat, ada beberapa vlogger yang menggabungkan banyak bidang di atas, tidak membedakan bidang apa yang digarap sehingga kontennya bisa lebih banyak dan lebih luas. Karena memang jika kita bahas kuliner, tidak akan prnah habis karena akan selalu kita butuhkan.
Satu tanggapan pada “Konten Kreator: Vlogger Kuliner”