Banyak pilihan penyedia domain hosting, pilih yang mana?

website maintenance

Domain hosting ibarat sepasang sandal, yang masing – masing saling membutuhkan, tanpa hosting, domain tidak berarti apa – apa, begitu juga hosting, tanpa domain juga tiada arti.

Hosting ibarat rumah, sementara domain adalah alamat rumah tersebut. Hosting menjadi tempat bernaung file – file yang membentuk sebuah website, sementara domain menjadi cara merujuk ke file – file tersebut di antara belantara server di seluruh dunia.

Di Google, ketika kita melakukan pencarian “domain hosting”, diberikan banyak sekali, mungkin bisa ratusan penyedia domain hosting, sehingga penulis sendiri di awal – awal mengenal domain hosting menjadi bingung, harus memilih penyedia yang mana.

Bahkan penulis sendiri pernah mengalami, penyedia hosting domain yang dibeli murah, tetapi ternyata sering tersusupi malware, hal ini berimbas ke website yang sering down. Ketika dipindah ke penyedia lain yang harganya sedikit lebih mahal, hal ini tidak terjadi.

Masalah kedua, pernah penulis alami adalah karena memilih penyedia hosting domain yang reputasinya kurang baik, bahkan penyedia domain hosting pribadi, bukan institusi. Akibatnya secara tiba – tiba, website milik penulis tidak bisa diakses, contact support tidak bisa dihubungi, semua saluran komunikasi juga tidak berfungsi. Parahnya lagi, website penyedia domain hosting juga hilang.

Nah, berkaca dari pengalaman tersebut, penulis lebih selektif dalam memilih penyedia domain hosting, membaca ulasan, membaca tips dari orang lain dan membaca reputasi masing – masing penyedia hosting domain.

Ada beberapa tips yang bisa di baca dan dijadikan referensi ketika mencari penyedia domain hosting, anda bisa baca di sini, di sini untuk yang berbahasa inggris atau di sini untuk tips paket hosting yang sesuai untuk anda.

Sebenarnya jika anda sabar, maka ada banyak pilihan yang optimal untuk anda. Optimal dalam arti sesuai dengan kebutuhan, sesuai dengan budget dan mendapatkan penyedia hosting domain yang baik dan responsif jika kita membutuhkan bantuan support, bahkan di luar jam kerja sekalipun.

Tidak ada salahnya koq menghubungi customer servicenya sebelum memutuskan untuk memilih penyedia domain hosting, jangan malu – malu untuk bertanya apapun, asal masih dalam topik yang sesuai.

Banyak pilihan penyedia domain hosting, pilih yang mana?
Bagikan kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas