Google memiliki beberapa metrik untuk menentukan peringkat situs web. Beberapa tahun lalu, Google secara terbuka menampilkan Site PageRank, yang merupakan salah satu metrik yang mereka gunakan. Perhitungan ini ditandai sebagai indikasi numerik dari nilai situs. Salah satu kesalahan yang dilakukan Google adalah membuatnya terlalu publik, yang membuat semua orang akan mati-matian mencari segala cara untuk membentuk, memalsukan, memanipulasi, mengatur dan merusak agar dapat mengakali metrik ini.
Google kemudian menyadari bahwa mereka harus melakukan sesuatu untuk mengatasi kebutuhan yang semakin meningkat ini untuk berkonsentrasi pada satu metrik saja. Karena alasan itu, mereka berusaha sebaik mungkin untuk membuat semakin sedikit pembaruan yang terlihat. Pada tahun 2014, Matt Cutts secara terbuka menyatakan tidak akan ada pembaruan di masa mendatang untuk PageRank. Ini tidak berarti Google berhenti menggunakan metrik ini secara internal.
Moz, yang dulunya disebut SEOMoz, mengamati dengan saksama bahwa Page Rank akan menurun seiring waktu, yang menjadi alasan mengapa mereka berpikir untuk memilih metrik pengganti. Diketahui juga bahwa Moz memiliki parameter lain sebelum PageRank tidak lagi menjadi faktor yang penting.
Sekarang PageRank mulai mengalami kematian yang pelan tapi pasti, Kita harus mencari cara lain (metrik lain) agar lebih dapat diterapkan dan akurat sebagai pengganti Pagerank, Disebutlah sebagai Domain Authority (DA). Agar metrik ini berfungsi, metrik ini mempertimbangkan berbagai sub-metrik lainnya, termasuk jumlah domain yang terhubung dan jumlah tautan.
Perhitungan Domain Authority (DA) lebih rumit dan mempertimbangkan lebih banyak faktor dari pada Pagerank. Saat ini, Domain Authority ini lebih banyak digunakan sebagai cara untuk melihat ‘nilai’ sebuah situs.
Dengan Domain Authority lebih tinggi secara otomatis nilai situs menjadi lebih tinggi juga, itu artinya potensi dikunjungi akan lebih tinggi dan potensi pendapatan, baik pendapatan langsung maupun pendapatan tidak langsung akan menjadi lebih tinggi juga.